Skenario Modul Human Resources
Non-Payroll dan Menjalankannya di Odoo
PT. KITA merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang
perdagangan, antara lain jasa pengadaan computer, laptop, dan PC.
Sejarah Singkat
Pada
bulan Desember 1992, kami mendapat ijin operasional penyelenggaraan pelatihan
sementara dari departemen tenaga kerja kota Depok dengan bidang usaha pertama
yang digeluti pelatihan komputer. Pada bulan Februari 1993, kami mendapat izin
operasional pelatihan dengan status "TERCATAT" dari departemen tenaga
kerja Provinsi Jawa Barat dengan bidang usaha pelatihan komputer.
Pada bulan Juli 1996, kami mendapat izin operasional penyelenggaran pelatihan dengan status "TERCATAT" dari Departemen Tenaga Kerja Provinsi Jawa Barat dengan bidang usaha pelatihan komputer dan pada tahun ini kami mulai merintis usaha penyediaan peralatan Telekomunikasi/Wartel serta jasa instalasinya. Pada tahun 1998, kami mendapat izin operasional penyelenggaraan pelatihan dengan izin tetep dari Departemen Tenaga Kerja Provinsi Jawa Barat dengan bidang usaha pelatihan komputer dan melanjutkan bidang usaha penyedia peralatan Telekomunikasi/Wartel serta jasa instalasinya. Pada tahun 2000, kami mulai memperluas bidang usaha yang ada, yaitu menjadi penyedia peralatan komputer, laptop dan PC. Pada tahun 2007, kami mendirikan PT.KITA yang menfokuskan pada bidang pengadaan komputer peralatan instalasi jaringan teknologi informasi komunikasi.
Pada bulan Juli 1996, kami mendapat izin operasional penyelenggaran pelatihan dengan status "TERCATAT" dari Departemen Tenaga Kerja Provinsi Jawa Barat dengan bidang usaha pelatihan komputer dan pada tahun ini kami mulai merintis usaha penyediaan peralatan Telekomunikasi/Wartel serta jasa instalasinya. Pada tahun 1998, kami mendapat izin operasional penyelenggaraan pelatihan dengan izin tetep dari Departemen Tenaga Kerja Provinsi Jawa Barat dengan bidang usaha pelatihan komputer dan melanjutkan bidang usaha penyedia peralatan Telekomunikasi/Wartel serta jasa instalasinya. Pada tahun 2000, kami mulai memperluas bidang usaha yang ada, yaitu menjadi penyedia peralatan komputer, laptop dan PC. Pada tahun 2007, kami mendirikan PT.KITA yang menfokuskan pada bidang pengadaan komputer peralatan instalasi jaringan teknologi informasi komunikasi.
Departemen HRD
Non-Payroll
Dalam skenario kali ini, saya akan menjelaskan apa saja
fungsi HRD non payroll secara singkat, padat, dan jelas. Hal ini dikarenakan
pada mata kuliah ERP ini saya dapat bagian menjadi staff HRD non payroll. HRD
non payroll mempunyai fungsi umum,
yaitu:
1. Rekrutmen Tenaga Kerja
Rekrutmen merupakan proses mencari,
menemukan, dan menarik pelamar untuk dipekerjakan dalam dan oleh suatu
organisasi. Maksud rekrutmen adalah untuk mendapat persediaan sebanyak mungkin
calon-calon pelamar sehingga organisasi atau perusahaan akan mempunyai
kesempatan yang lebih besar untuk melakukan pilihan terhadap calon pekerjaan
yang dianggap memenuhi standar kualifikasi. Proses rekrutmen berlangsung mulai
dari saat mencari pelamar hingga pengajuan lamaran oleh pelamar.
2. Seleksi Tenaga Kerja
Seleksi tenaga kerja adalah suatu proses menemukan tenaga
kerja yang tepat dari sekian banyak kandidat atau calon yang ada. Tahap awal
yang perlu dilakukan setelah menerima berkas lamaran adalah melihat daftar
riwayat hidup/CV/curriculum vittae milik pelamar. Kemudian dari CV pelamar
dilakukan penyortiran antara pelamar yang akan dipanggil dengan yang gagal
memenuhi standar suatu pekerjaan. Lalu berikutnya adalah memanggil kandidat
terpilih untuk dilakukan ujian test tertulis, wawancara kerja/interview dan
proses seleksi lainnya.
3. Pengembangan dan Evaluasi Karyawan
Menurut (Mathis & Jackson, 2006:
352-365), pengembangan dimulai dari rencana-rencana SDM organisasi karena
rencana ini menganalis, meramalkan, dan menyebutkan kebutuhan organisasional
untuk sumber daya manusia pada saat ini dan masa yang akan datang. Perencanaan
SDM yang juga membantu menyebutkan kapabilitas yang dibutuhkan oleh organisasi
tersebut di masa yang akan datang dan pengembangan yang dibutuhkan agar
orang-orang dapat tersedia untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
Berikut ini adalah skenario dari tugas HRD non-payroll dengan
Odoo:
1. Penerimaan Karyawan.
Langkah 1 =
Login ke Odoo 8 menggunakan account dan password
Langkah 2 =
Masuk ke bagian HR
Langkah 3 =
Masuk ke menu recruitment, bagian Job Positions, klik Create.
Langkah 4 =
Kemudian isi job name, departemen, dan data-data lainnya
Langkah 5
=Lalu klik Launch Recruitment yang merupakan tanda dibukanya lowongan tersebut.
Untuk versi lengkapnya, yaitu transaksi yang dilakukan HRD non payroll bisa di download di sini.
Untuk tutorial lengkap Odoo nya bisa dilihat di sini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar